Kamis, 31 Maret 2016

Kyai Semar

<p><span>AJARAN  SEMAR / KITAB KAKI AMONG NINI AMONG</span></p><p><span>  wedaran dari Giri Palguno Jati</span></p><ul>Dijaman sekarang ini semar banyak dijumpai dalam jimat2 ataupun mantra2,dijaman dulu semar ialah nama suatu ajaran,dimana dia mengajarkan tentang.<li>kadang marmarti,</li><li>kakang kawah,</li><li>Adi Ari²,</li><li>ponang getih,</li><li>sedulur sek bareng metu</li><li>sedulur sek ora metu,</li><li>sedulur kembar 4,</li><li>5 pancer,dan</li><li>pupute puser...</li><p>Diplajaran ini harus bisa membedakan mana kadang,mana kakang mana adi dan mana saudara</p><li>KADANG isoh dadi kakang,adi lan sedulur,</li><li>KAKANG isoh dadi kadang po sedulur gak isoh dadi adi,</li><li>ADI isoh dadi kadang isoh dadi sedulur gak isoh dadi kakang,</li><li>SEDULUR hurung mesti kadang,kakang utowo adi...</li></ul><p><strong>BAB I</strong></p><ul><li>Kadang <strong>MARMARTI,</strong><p> </p><p>Anaser lemah sek nang awak iki contone kulit,daging,otot yo kwi sek diarani dununge urep. </p><p>★Rahasiane</p><ul><em><span>Nandi tuo naliko enom,nandi enom naliko tuo</span></em>,carilah KEDEWASAAN.. </ul><p>Lakune neng kitap iki kadang mamarti berupa jurus2 dan kuda2 buat pembenaran titik2 cakra,dan ketahanan,kulit,daging,tulang,</p></li><li>Kakang <strong>KAWAH</strong>,<p> </p><p>Anaser banyu sek nang njero awak yo minongko perabote urep contone loh moto,idu. </p><p>★Rahasiane</p><ul><span><em>nandi urep naliko mati,nandi mati naliko urep</em></span>.Carilah KEABADIAN... </ul><p>Lakune macem2 kanggo nguasai tenogo lembut.</p></li><li>Adi <strong>ARI-ARI</strong>,<p> </p><p>Anaser angin sek nang njero awak yo minongko tondone urep contone nafas. </p><p>★Rahasiane</p><ul><span><em>nandi ono naliko kosong,nandi kosong naliko ono</em></span>.carilah KEHAMPAAN... </ul><p>Lakune olah nafas kanggo nguasai tenogo dalem,pokok men jalure seko irung munggah nang sirah,udu seko irung nang dodo jalur nafas ki,seandene seko irung nang dodo metune engko seko sirah lg irung,tp jarang sek mlajari pernafasan kewalik ki...nek O² berubah dadi howo murni,nek CO² berubah dadi iblish(pora bahaya nek sek ngontrol iblish).</p></li><li>Ponang <strong>GETIH</strong>,<p> </p><p>Anaser geni sek nang njero awak yo minongko sifate urep contone getih 4 werno,abang,kuning,ireng putih manunggal dadi siji bening,yoiku howoning nefsu sek dadek ake getih dadi sifating urip, sek nduweni sifat dewe2 sek endi sek dominan yo kwi sek dadi sifate menungso dadi angkoro,murko,adigang adigung adiguno,dahwen panesten lan sak piturute. </p><p>★Rahasiane</p><ul><em><span>nandi kuat naliko lemes,nandi lemes naliko kuat</span></em>.carilah WENANG.. </ul><p>Lakune olah kanuragan kanggo nguasai tenogo kasar.</p></li></ul><p><strong>BAB II</strong></p><ul><li><p>Sedulur sek BARENG METU(luar tubuh) </p><p>Sedulur sek bareng metu yaitu dunia ini,ada pohon,ada hewan,dan lannya dsbut keblat 4,dmana tersimpan inti SIHIR² dimana </p>★rahasia <ul><span>MAYA saat NYATA</span> dimana <span>NYATA saat MAYA</span>dimana<em>KEYAKINAN</em> </ul></li></ul><p> </p><ul><li><p>Sedulur ORA METU(dalam tubuh) </p><p>sedulur sek ora metu yaitu,gelombang,magnit dan lain-lainnya,disebut gelar gulung,yg dimana tersimpan ajaran inti santet yg mengandung </p>★rahasia <ul><span>dimana nama saat bergelar,dimana gelar saat bernama.</span>dimana NAMA.. </ul><p>Sedulur sek ora metu ki contone cacing tambang,bakteri,virus2 iki rahasiane SANTET²,</p></li></ul><p><strong>BAB III</strong></p><ul><li><p>sedulur 4 </p>Sedulur 4 yo iku roh/doyo,akeh doyo tp kabeh gk isoh dsbt roh,doyo sek isoh dsbt roh muk ono 4,disbt sedulur 4,ojo tau nebak po ngiro2 kepiye roh ki tanpo wikan ke bab 1 ro bab 2,sbb isoh kuwi doyo sek udu roh,seko ajaran ikilah tembang megat ruh tercipto...</li></ul><p><strong>BAB IV</strong></p><ul><li><p>5 pancer iki gk isoh dikuasani tanpo nguasani bab 1 lan bab 2, </p>pancer yo iku jiwo pancer ono akeh neng pancer awke dewe muk ono siji,yo iku kang duweni piranti roso jati,disbt kebukakeng warongko ... siroso jati sanggup delok jiwone dewe,yen sek nyembah karo disembah iku podo.....</li></ul><p><strong>BAB V</strong></p><ul><li><p>pupute puser..</p>Pupute puser ono 2 yo iku : pupute puser <strong>panjer</strong> ro pupute puser<strong>pancer</strong>, <ul><p>1.pupute puser panjer yo iku <strong>aku</strong>, </p>2.pupute puser pancer yo iku <strong>sang aku</strong> </ul>Ojo tau nebak2 AKU ki sek kepiye lan SANG AKU ki kepiye,neng ajaran nusantoro sek ono sak iki lagi tekan siroso jati deleng<strong>JIWO</strong>ne dewe wes disbt nek kuwi sek aku,salah gede yen ngiro mang kono iku...</li></ul><p><strong>BAB VI</strong></p><ul><li><p>Ibu </p></li></ul><p><strong>BAB VII</strong></p><ul><li><p>Ratu Ibu/Ratu Kidul</p></li></ul><br />

Minggu, 27 Maret 2016

FALSAFAH HIDUP KEJAWEN

Dasar-dasar Falsafah Hidup Kejawen: Hanggayuh Kasampurnaning Hurip, Bèrbudi Bawaleksana, Ngudi Sejatining Becik Perpustakaan pelestarian budaya Yogyakarta Ketuhanan 1. Pangeran iku siji, ana ing ngendi papan langgeng, sing nganakake jagad iki saisine, dadi sesembahane wong sak alam kabeh, nganggo carane dhewe-dhewe. (Tuhan itu tunggal, ada di mana-mana, yang menciptakan jagad raya seisinya, disembah seluruh manusia sejagad dengan caranya masing-masing) 2. Pangeran iku ana ing ngendi papan, aneng siro uga ana pangeran, nanging aja siro wani ngaku pangeran. (Tuhan ada di mana saja, di dalam dirimu juga ada, namun kamu jangan berani mengaku sebagai Tuhan) 3. Pangeran iku adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan. (Tuhan itu berada jauh namun tidak ada jarak, dekat tidak bersentuhan) 4. Pangeran iku langgeng, tan kena kinaya ngapa, sangkan paraning dumadi. (Tuhan itu abadi dan tak bisa diperumpamakan, menjadi asal dan tujuan kehidupan) 5. Pangeran iku bisa mawujud, nanging wewujudan iku dudu Pangeran. (Tuhan itu bisa mewujud namun perwujudannya bukan Tuhan) 6. Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, akarya alam saisine, kang katon lan kang ora kasat mata. (Tuhan berkuasa tanpa alat dan pembantu, mencipta alam dan seluruh isinya, yang tampak dan tidak tampak) 7. Pangeran iku ora mbedak-mbedakake kawulane. (Tuhan itu tidak membeda-bedakan (pilih kasih) kepada seluruh umat manusia) 8. Pangeran iku maha welas lan maha asih, hayuning bawana marga saka kanugrahaning Pangeran. (Tuhan Maha Belas-Kasih, bumi terpelihara berkat anugrah Tuhan) 9. Pangeran iku maha kuwasa, pepesthen saka karsaning Pangeran ora ana sing bisa murungake. (Tuhan itu Mahakuasa, takdir ditentukan atas kehendak Tuhan, tiada yang bisa membatalkan kehendak Tuhan) 10. Urip iku saka Pangeran, bali marang Pangeran. (Kehidupan berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan) 11. Pangeran iku ora sare . (Tuhan tidak pernah tidur) 12. Beda-beda pandumaning dumadi. (Tuhan membagi anugrah yang berbeda-beda) 13. Pasrah marang Pangeran iku ora ateges ora gelem nyambut gawe, nanging percaya yen Pangeran iku maha Kuwasa. Dene kasil orane apa kang kita tuju kuwi saka karsaning Pangeran. (Pasrah kepada Tuhan bukan berarti enggan bekerja, namun percaya bahwa Tuhan Menentukan) 14. Pangeran nitahake sira iku lantaran biyung ira, mulo kudu ngurmat biyung ira. (Tuhan mencipta manusia dengan media ibumu, oleh sebab itu hormatilah ibumu) 15. Sing bisa dadi utusaning Pangeran iku ora mung jalma manungsa wae. (Yang bisa menjadi utusan Tuhan bukan hanya manusia saja) 16. Purwa madya wasana. (zaman awal/ sunyaruri, zaman tengah/ mercapada, zaman akhir/ keabadian) 17. Owah gingsiring kahanan iku saka karsaning Pangeran kang murbeng jagad. (Berubahnya keadaan itu atas kehendak Tuhan yang mencipta alam) 18. Ora ana kasekten sing madhani pepesthen awit pepesthen iku wis ora ana sing bisa murungake. (Tak ada kesaktian yang menyamai takdir Tuhan, sebab takdir itu tidak ada yang bisa membatalkan) 19. Bener kang asale saka Pangeran iku lamun ora darbe sipat angkara murka lan seneng gawe sangsaraning liyan. (Bener yang menurut Tuhan itu bila tidak memiliki sifat angkara murka dan gemar membuat kesengsaraan orang lain) 20. Ing donya iki ana rong warna sing diarani bener, yakuwi bener mungguhing Pangeran lan bener saka kang lagi kuwasa. (Kebenaran di dunia ada dua macam, yakni benar menurut Tuhan dan benar menurut penguasa) 21. Bener saka kang lagi kuwasa iku uga ana rong warna, yakuwi kang cocok karo benering Pangeran lan kang ora cocok karo benering Pangeran. (Benar menurut penguasa juga memiliki dua macam jenis yakni cocok dengan kebenaran menurut Tuhan dan tidak cocok dengan kebenaran Tuhan) 22. Yen cocok karo benering Pangeran iku ateges bathara ngejawantah, nanging yen ora cocok karo benering Pangeran iku ateges titisaning brahala. (Kebenaran yang sesuai dengan kebenaran menurut Tuhan, itu berarti tuhan yang mewujud, namun bila tidak sesuai dengan kebenaran menurut Tuhan, berarti penjelmaan angkara) 23. Pangeran iku dudu dewa utawa manungsa, nanging sakabehing kang ana iki uga dewa lan manungsa asale saka Pangeran. (Tuhan itu bukan dewa atau manusia, namun segala yang ada (dewa dan manusia) adanya berasal dari Tuhan. 24. Ala lan becik iku gandengane, kabeh kuwi saka karsaning Pangeran. (Keburukan dan kebaikan merupakan satu kesatuan, semua itu sudah menjadi rumus/kehendak Tuhan) 25. Manungsa iku saka dating Pangeran mula uga darbe sipating Pangeran. (Manusia berasal dari zat Tuhan, maka manusia memiliki sifat-sifat Tuhan) 26. Pangeran iku ora ana sing Padha, mula aja nggambar-nggambarake wujuding Pangeran. (Tidak ada yang menyerupai Tuhan, maka janganlah melukiskan dan menggambarkan wujud tuhan) 27. Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, mula saka kuwi aja darbe pangira yen manungsa iku bisa dadi wakiling Pangeran. (Tuhan berkuasa tanpa perlu pembantu, maka jangan menganggap manusia menjadi wakil Tuhan di bumi) 28. Pangeran iku kuwasa, dene manungsa iku bisa. (Tuhan itu Mahakuasa, sementara itu manusia hanyalah bisa) 29. Pangeran iku bisa ngowahi kahanan apa wae tan kena kinaya ngapa. (Tuhan mampu merubah keadaan apa saja tanpa bisa dibayangkan/perumpamakan) 30. Pangeran bisa ngrusak kahanan kang wis ora diperlokake, lan bisa gawe kahanan anyar kang diperlokake. (Tuhan mampu merusak keadaan yang tidak diperlukan lagi, dan bisa membuat keadaan baru yang diperlukan) 31. Watu kayu iku darbe dating Pangeran, nanging dudu Pangeran. (Batu dan kayu adalah milik zat Tuhan, namun bukanlah Tuhan) 32. Manungsa iku bisa kadunungan dating Pangeran, nanging aja darbe pangira yen manungsa mau bisa diarani Pangeran. (Di dalam manusia dapat bersemayam zat tuhan, akan tetapi jangan merasa bila manusia boleh disebut Tuhan) 33. Titah alus lan titah kasat mata iku kabeh saka Pangeran, mula aja nyembah titah alus nanging aja ngina titah alus . (Makhluk halus dan makhluk kasar/wadag semuanya berasal dari tuhan, maka dari itu jangan menyembah makhluk halus, namun juga jangan menghina makluk halus) 34. Samubarang kang katon iki kalebu titah kang kasat mata, dene liyane kalebu titah alus. (Semua yang tampak oleh mata termasuk makhluk kasat mata, sedangkan lainnya termasuk makhluk halus) 35. Pangeran iku menangake manungsa senajan kaya ngapa. (Tuhan memenangkan manusia walaupun seperti apa manusia itu) 36. Pangeran maringi kawruh marang manungsa bab anane titah alus mau. (Tuhan memberikan pengetahuan kepada manusia tentang eksistensi makhluk halus) 37. Titah alus iku ora bisa dadi manungsa lamun manungsa dhewe ora darbe penyuwun marang Pangeran supaya titah alus mau ngejawantah. (Makhluk halus tidak bisa menjadi manusia bila manusia tidak punya permohonan kepada Tuhan agar makhluk halus menampakkan diri) 38. Sing sapa wani ngowahi kahanan kang lagi ana, iku dudu sadhengah wong, nanging minangka utusaning Pangeran. (Siapa yang berani merubah keadaan yang terjadi, bukanlah sembarang orang, namun sebagai “utusan” tuhan) 39. Sing sapa gelem nglakoni kabecikan lan ugo gelem lelaku, ing tembe bakal tampa kanugrahaning Pangeran. (Siapa saja yang bersedia melaksanakan kebaikan dan juga mau “lelaku” prihatin, kelak akan memperoleh anugrah tuhan) 40. Sing sapa durung ngerti lamun piyandel iku kanggo pathokaning urip, iku sejatine durung ngerti lamun ana ing donyo iki ono sing ngatur. (siapa yang belum paham, lalu menganggap sipat kandel itu sebagai rambu-rambu hidup, yang demikian itu sesungguhnya belum memahami bila di dunia ini ada yang mengatur) 41. Sakabehing ngelmu iku asale saka Pangeran kang Mahakuwasa. (Semua ilmu berasal dari Tuhan yang Mahakuasa) 42. Sing sapa mikani anane Pangeran, kalebu urip kang sempurna. (Siapa yang mengetahui adanya Tuhan, termasuk hidup dalam kesempurnaan). Kebatinan

1. Dumadining sira iku lantaran anane bapa biyung ira. (Lahirnya manusia karena berkat adanya kedua orang tua) 2. Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran. (Di dalam manusia tedapat sifat-sifat Tuhan) 3. Titah alus iku ana patang warna, yakuwi kang bisa mrentah manungsa nanging ya bisa mitulungi manungsa, kapindho kang bisa mrentah manungsa nanging ora mitulungi manungsa, katelu kang ora bisa mrentah manungsa nanging bisa mitulungi manungsa, kapat kang ora bisa mrentah manungsa nanging ya ora bisa mrentah manungsa. (Makhluk halus ada empat macam, pertama ; yang bisa memerintah manusia namun bisa juga menolong manusia. Kedua; yang bisa memerintah manusia namun tidak bisa menolong manusia. Ketiga ; yang tidak bisa memerintah manusia namun bisa menolong manusia. Keempat ; yang tidak bisa memerintah anusia namun juga tak bisa diperintah manusia. 4. Lelembut iku ana rong warna, yakuwi kang nyilakani lan kang mitulungi. (Makhluk halus ada dua macam; yang mencelakai dan yang menolong) 5. Guru sejati bisa nuduhake endi lelembut sing mitulungi lan endi lelembut kang nyilakani. (Guru Sejati bisa memberikan petunjuk mana makhluk halus yang bisa menolong dan mana yang mencelakakan) 6. Ketemu Gusti iku lamun sira tansah eling . (“Bertemu” Tuhan dapat dicapai dengan cara selalu eling) 7. Cakra manggilingan. (Kehidupan manusia akan seperti roda yang selalu berputar, kadang di bawah kadang di atas. Hukum sebab akibat dan memungkinkan terjadi penitisan) 8. Jaman iku owah gingsir. (Zaman akan selalu mengalami perubahan) 9. Gusti iku dumunung ana atining manungsa kang becik, mulo iku diarani Gusti iku bagusing ati. (Tuhan berada di dalam hati manusia yang baik, oleh sebab itu disebut Gusti (bagusing ati) 10. Sing sapa nyumurupi dating Pangeran iku ateges nyumurupi awake dhewe. Dene kang durung mikani awake dhewe durung mikani dating Pangeran. (Siapa yang mengetahui zat Tuhan berarti mengetahui dirinya sendiri. Sedangkan bagi yang belum memahami jati dirinya sendiri maka tidak mengetahui pula zat Tuhan) 11. Kahanan donya ora langgeng, mula aja ngegungake kesugihan lan drajat ira, awit samangsa ana wolak-waliking jaman ora ngisin-ngisini. (Keadaan dunia tidaklah abadi, maka jangan mengagungkan kekayaan dan derajat pangkat, sebab bila sewaktu-waktu terjadi zaman serba berbalik tidak menderita malu) 12. Kahanan kang ana iki ora suwe mesthi ngalami owah gingsir, mula aja lali marang sapadha-padhaning tumitah. (Keadaan yang ada sekarang ini tidak akan berlangsung lama pasti akan mengalami perubahan, maka dari itu janganlah lupa kepada sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan) 13. Lamun sira kepengin wikan marang alam jaman kelanggengan, sira kudu weruh alamira pribadi. Lamun sira durung mikan alamira pribadi adoh ketemune. (Bila kamu ingin mengetahui alam di zaman kelanggengan. Kamu harus memahami alam jati diri (jagad alit), bila kamu belum paham jati dirimu, maka akan sulit untuk menemukan (alam kelanggengan) 14. Yen sira wus mikani alamira pribadi, mara sira mulanga marang wong kang durung wikan. (Jika kamu sudah memahami jati diri, maka ajarilah orang-orang yang belum memahami) 15. Lamun sira wus mikani alamira pribadi, alam jaman kelanggengan iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. (Bila kamu sudah mengetahui sejatinya diri pribadi, tempat zaman kelanggengan itu seumpama dekat tanpa bersentuhan, jauh tanpa jarak) 16. Lamun sira durung wikan alamira pribadi mara takono marang wong kang wus wikan. (Bila anda belum paham jati diri pribadi, datang dan tanyakan kepada orang yang telah paham) 17. Lamun sira durung wikan kadangira pribadi, coba dulunen sira pribadi. (Bila anda belum paham saudaramu yang sejati, carilah hingga ketemu dirimu pribadi) 18. Kadangira pribadi ora beda karo jeneng sira pribadi, gelem nyambut gawe. (“Saudara sejati” mu tidak berbeda dengan diri pribadimu, bersedia bekerja) 19. Gusti iku sambaten naliko sira lagi nandang kasangsaran. Pujinen yen sira lagi nampa kanugrahaning Gusti. (Pintalah Tuhan bila anda sedang menderita kesengsaraan, pujilah bila anda sedang menerima anugrah) 20. Lamun sira pribadi wus bisa caturan karo lelembut, mesthi sira ora bakal ngala-ala marang wong kang wus bisa caturan karo lelembut. (Bila anda sudah bisa bercakap-cakap dengan makhluk halus, pasti anda tidak akan menghina dan mencela orang yang sudah bisa bercakap-cakap dengan makhluk halus) 21. Sing sapa nyembah lelembut iku keliru, jalaran lelembut iku sejatine rowangira, lan ora perlu disembah kaya dene manembah marang Pangeran . (Siapa yang menyembah lelembut adalah tindakan keliru, sebab lelembut sesungguhnya teman mu sendiri) 22. Weruh marang Pangeran iku ateges wis weruh marang awake dhewe, lamun durung weruh awake dhewe, tangeh lamun weruh marang Pangeran. (Memahami tuhan berarti sudah memahami diri sendiri, jika belum memahami jati diri, mustahil akan memahami Tuhan) 23. Sing sapa seneng ngrusak katentremane liyan bakal dibendu dening Pangeran lan diwelehake dening tumindake dhewe. (Siapa yang gemar merusak ketentraman orang lain, pasti akan dihukum oleh Tuhan dan dipermalukan oleh perbuatannya sendiri) 24. Lamun ana janma ora kepenak, sira aja lali nyuwun pangapura marang Pangeranira, jalaran Pangeranira bakal aweh pitulungan. (Walaupun mengalami zaman susah, namun janganlah lupa mohon ampunan kepada Tuhan, sebab Tuhan akan memberikan pertolongan) 25. Gusti iku dumunung ana jeneng sira pribadi, dene ketemune Gusti lamun sira tansah eling. (Tuhan ada di dalam diri pribadi, dapat anda ketemukan dengan cara selalu eling)

Filsafat Kemanusiaan 1. Rame ing gawe sepi ing pamrih, memayu hayuning bawana. (Giat bekerja/membantu dengan tanpa pamrih, memelihara alam semesta /mengendalikan nafsu) 2. Manungsa sadrema nglakoni, kadya wayang umpamane. (Manusia sekedar menjalani apa adanya, seumpama wayang) 3. Ati suci marganing rahayu . (Hati yang suci menjadi jalan menuju keselamatan jiwa dan raga) 4. Ngelmu kang nyata, karya reseping ati. (Ilmu yang sejati, membuat tenteram di hati) 5. Ngudi laku utama kanthi sentosa ing budi. (Menghayati perilaku mulia dengan budi pekerti luhur) 6. Jer basuki mawa beya. (Setiap usaha memerlukan beaya) 7. Ala lan becik dumunung ana awake dhewe . (Kejahatan dan kebaikan terletak di dalam diri pribadi) 8. Sing sapa lali marang kebecikaning liyan, iku kaya kewan. (Siapa yang lupa akan amal baik orang lain, bagaikan binatang) 9. Titikane aluhur, alusing solah tingkah budi bahasane lan legawaning ati, darbe sipat berbudi bawaleksana. (Ciri khas orang mulia yakni, perbuatan dan sikap batinnya halus , tutur kata yang santun, lapang dada, dan mempunyai sikap wibawa luhur budi pekertinya) 10. Ngunduh wohing pakarti. (Orang dapat menerima akibat dari ulahnya sendiri) 11. Ajining dhiri saka lathi lan budi. (Berharganya diri pribadi tergantung ucapan dan akhlaknya) 12. Sing sapa weruh sadurunge winarah lan diakoni sepadha-padhaning tumitah iku kalebu utusaning Pangeran . (Siapa yang mengetahui sebelum terjadi dan diakui sesama manusia, ia termasuk utusan tuhan) 13. Sing sapa durung wikan anane jaman kelanggengan iku, aja ngaku dadi janma linuwih. (Siapa yang belum paham adanya zaman keabadian, jangan mengaku menjadi orang linuwih) 14. Tentrem iku saranane urip aneng donya. (Ketenteraman adalah sarana menjalani kehidupan di dunia) 15. Yitna yuwana lena kena . (Eling waspdha akan selamat, yang lengah akan celaka) 16. Ala ketara becik ketitik. (Yang jahat maupun yang baik pasti akan terungkap juga) 17. Dalane waskitha saka niteni . (Cara agar menjadi awas, adalah berawal dari sikap cermat dan teliti) 18. Janma tan kena kinira kinaya ngapa. (Manusia sulit diduga dan dikira) 19. Tumrap wong lumuh lan keset iku prasasat wisa, pangan kang ora bisa ajur iku kena diarani wisa, jalaran mung bakal nuwuhake lelara. (Bagi manusia, fakir dan malas menjadi bisa/racun, makanan yang tak bisa hancur dapat disebut sebagai bisa/racun, sebab hanya akan menimbulkan penyakit) 20. Klabang iku wisane ana ing sirah. Kalajengking iku wisane mung ana pucuk buntut. Yen ula mung dumunung ana ula kang duwe wisa. Nanging durjana wisane dumunung ana ing sekujur badan. (Racun bisa Lipan terletak di kepala, racun bisa kalajengking ada di ujung ekor, racun bisa ular hanya ada pada ular yang berbisa, namun manusia durjana racun bisanya ada di sekujur badan) 21. Geni murub iku panase ngluwihi panase srengenge, ewa dene umpama ditikelake loro, isih kalah panas tinimbang guneme durjana. (Nyala api panasnya melebihi panas matahari, namun demikian umpama panas dilipatgandakan, masih kalah panas daripada ucapan orang durjana) 22. Tumprape wong linuwih tansah ngundi keslametaning liyan, metu saka atine dhewe. (Bagi orang linuwih selalu berupaya menjaga keselamatan untuk sesama, yang keluar dari niat suci diri pribadi) 23. Pangucap iku bisa dadi jalaran kebecikan. Pangucap uga dadi jalaraning pati, kesangsaran, pamitran. Pangucap uga dadi jalaraning wirang. (Ucapan itu dapat menjadi sarana kebaikan, sebaliknya ucapan bisa pula menyebabkan kematian, kesengsaraan. Ucapan bisa menjadi penyebab menanggung malu) 24. Sing bisa gawe mendem iku: 1) rupa endah; 2) bandha, 3) dharah luhur; 4) enom umure. Arak lan kekenthelan uga gawe mendem sadhengah wong. Yen ana wong sugih, endah warnane, akeh kapinterane, tumpuk-tumpuk bandhane, luhur dharah lan isih enom umure, mangka ora mendem, yakuwi aran wong linuwih. (Penyebab orang menjadi lupa diri adalah : gemerlap hidup, harta, kehormatan, darah muda. Arak dan minuman juga membuat mabuk sementara orang. Namun bila ada orang kaya, tampan rupawan, banyak kepandaiannya, hartanya melimpah, terhormat, dan masih muda usia, namun semua itu tidak membuat lupa diri, itulah orang linuwih) 25. Sing sapa lena bakal cilaka. (Siapa terlena akan celaka) 26. Mulat salira, tansah eling kalawan waspada . (Jadi orang harus selalu mawas diri, eling dan waspadha) 27. Andhap asor . (Bersikap sopan dan santun) 28. Sakbegja-begjane kang lali luwih begja kang eling klawan waspada. (Seberuntungnya orang lupa diri, masih lebih beruntung orang yang eling dan waspadha) 29. Sing sapa salah seleh. (Siapapun yang bersalah akan menanggung celaka) 30. Nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake. (Bertanding tanpa bala bantuan) 31. Sugih ora nyimpen. (Orang kaya namun dermawan) 32. Sekti tanpa maguru. (Sakti tanpa berguru, alias dengan menjalani laku prihatin yang panjang) 33. Menang tanpa ngasorake. (Menang tanpa menghina) 34. Rawe-rawe rantas malang-malang putung. (Yang mengganggu akan lebur, yang menghalangi akan hancur) 35. Mumpung anom ngudiya laku utama . (Selagi muda berusahalah selalu berbuat baik) 36. Yen sira dibeciki ing liyan, tulisen ing watu, supaya ora ilang lan tansah kelingan. Yen sira gawe kebecikan marang liyan tulisen ing lemah, supaya enggal ilang lan ora kelingan . (Jika kamu menerima kebaikan orang lain, tulislah di atas batu supaya tidak hilang dari ingatan. Namun bila kamu berbuat baik kepada orang lain hendaknya ditulis di atas tanah, supaya segera hilang dari ingatan) 37. Sing sapa temen tinemu. (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil) 38. Melik nggendhong lali. (Pamrih menyebabkan lupa diri) 39. Kudu sentosa ing budi . (Harus selamat ke dalam jiwa) 40. Sing prasaja. (Menjadi orang harus bersikap sabar) 41. Balilu tau pinter durung nglakoni. (Orang bodoh yang sering mempraktekan, kalah pandai dengan orang pinter namun belum pernah mempraktekan) 42. Tumindak kanthi duga lan prayogo. (Bertindak dengan penuh hati-hati dan teliti/tidak sembrono) 43. Percaya marang dhiri pribadi. (Bersikaplah percaya diri) 44. Nandur kebecikan. (Tanamlah selalu kebaikan) 45. Janma linuwih iku bisa nyumurupi anane jaman kelanggengan tanpa ngalami pralaya dhisik. (Manusia linuwih adalah dapat mengetahui adanya zaman keabadian tanpa harus mati lebih dulu) 46. Sapa kang mung ngakoni barang kang kasat mata wae, iku durung weruh jatining Pangeran. (Siapa yang hanya mengakui hal-hal kasat mata saja, itulah orang yang belum memahami sejatinya Tuhan) 47. Yen sira kasinungan ngelmu kang marakake akeh wong seneng, aja sira malah rumangsa pinter, jalaran menawa Gusti mundhut bali ngelmu kang marakake sira kaloka iku, sira uga banjur kaya wong sejene, malah bisa aji godhong jati aking. (Bila anda mendapat anugrah ilmu yang membuat banyak orang senang, janganlah kamu merasa pintar, sebab apabila Tuhan mengambil lagi ilmu yang menyebabkan anda terkenal itu, anda akan menjadi orang biasa lagi, malah lebih bermanfaat daun yang kering) 48. Sing sapa gelem gawe seneng marang liyan, iku bakal oleh wales kang luwih gedhe katimbang apa kang wis ditindakake. (Barang siapa gemar membuat orang lain bahagia, anda akan mendapatkankan balasan yang lebih besar dari apa yang telah anda lakukan) Sabdalangit

Sabtu, 26 Maret 2016

Daim

saya berniat salat daim untuk selama hidupku, berdirinya adalah hidupku, rukuknya adalah penglihatanku, iktidalnya adalah pendengaranku, sujudnya adalah penciumanku, bacaan ayat adalah ucapanku, duduknya adalah imanku, pujiannya adalah keluar masuknya nafasku, zikirnya adalah ingatanku, kiblatnya adalah renunganku, fardu menjalankan yang wajib lantaran kodratku sendiri. Disitu lalu pasrah kepada Zat hidup kita pribadi . jangan ragu-ragu lagi, karena yang demikian itu telah berdiri Zat, sifat dan perbuatan kita ini sudah menjadi Al-Qur’an sejati, sebagai tanda hakikat semua salat.”Lebih lanjut ia menjelaskan, “Itulah salat daim, yakni salat yang sejati, ia tanpa di antarai waktu, tidak mempunyai hitungan rakaat, mereka ini bisa disebut salat sambil bekerja, melakukan pekerjaan sambil salat, duduk dengan berdiri, berdiri dengan duduk, lari dengan berhenti, membisu dengan berceritera, bepergian dengan tidur, tidur dengan jaga. Seperti itulah ibaratnya, sebab hakikat salat daim tanpa sujud dan rukuk, yakni hanya berada dalam rasa hidup kita.”

Sabtu, 12 Maret 2016

HUJAN DERAS DI SEKELILING KA'BAH

Seorang Bapak menyaksikan pemuda putranya berjalan mengitari Ka’bah di tengah jejalan ribuan orang yang saling mendesak satu sama lain. Tatkala muncul tujuan untuk berjalan menuju Hajar Aswad, muncul pulalah tindakan untuk menyingkirkan, membelah, mempertandingkan kekuatan kaki, tangan dan sikut.

Dan putra si Bapak itu gagal mencapai Hajar Aswad. Ia terseret arus kembali melewati wilayah batu hitam. Pada putaran berikutnya ia berusaha lagi dan terseret lagi. Demikian beberapa putaran ia berjuang dan tetap tak berhasil membawa badannya mendekat ke Hajar Aswad.

Si Bapak menghampirinya, menuntun tangannya, mengajak minggir ke tepian area seputar Ka’bah, semacam batas yang di atasnya melingkar terap-terap Masjidil Haram. Si anak diajak duduk di lantai, menghela napas panjang melepas lelah. Si Bapak bersila menghadap Ka’bah, menundukkan wajah, tampak membaca-baca entah apa. Kemudian tiba-tiba menggamit putranya, mengajaknya berwudlu kembali, tentu dengan tidak mudah mencapai tempat wudlu.

Kemudian kembali ke tepian di mana mereka tadi duduk. Si anak dipersilahkan untuk melakukan shalat dua raka’at sambil si Bapak juga melakukan hal yang sama. Setelah shalat si Bapak mengajak anaknya berdiri dan berjalan mengikutinya. Si anak berjalan di belakang Bapaknya.

Si Bapak tidak berjalan dalam arus dan irama ribuan jamaah yang berthawaf. Melainkan dari tepian area seputar Ka’bah itu ia berjalan lurus ke arah Hajar Aswad. Si Bapak berjalan tidak cepat dan tidak lambat. Berjalan biasa saja sebagaimana umumnya orang berjalan. Si Bapak dan anaknya yang berjalan di belakangnya tidak perlu menyesuaikan langkahnya dengan sangat banyak orang yang berjalan ke arah yang bersilangan dengan arah ke Hajar Aswad. Langkah mereka tidak tersendat-sendat karena di depannya banyak orang lewat. Tubuh mereka juga tidak bergeser ke kanan atau kiri atau berhenti sejenak karena menunggu orang-orang yang lewat di depan mereka.

***

Mereka berdua menembus hujanMuthawwifin, ribuan orang yang berjalan mengelilingi Ka’bah. Bukankah jumlah dan kerapatan orang-orang yang berthawaf adalah sejenis hujan deras, meskipun arahnya tidak dari atas ke bawah, melainkan dari kiri ke kanan?

Tapi tidak. Mereka berdua tidak menembus hujan deras Muthawwifin. Mereka tidak berjalan di sela-sela hujan. Mereka tidak memiliki strategi untuk tidak basah oleh guyuran hujan. Mereka tidak memiliki ilmu dan kesaktian untuk menghindari perbenturan dengan ribuan orang yang berjalan silang.

Bapak dan anaknya itu tidak melakukan perjuangan apa-apa kecuali melangkah berjalan saja. Mereka tidak memiliki kemampuan atau kelihaian untuk menghindari tabrakan. Mereka hanya berjalan. Hanya berjalan. Mereka tidak bertabrakan, berbenturan atau bersenggolan dengan apapun.

Ketika tiba di Hajar Aswad, si Bapak menjulurkan kedua tangannya, memegang batu itu bagian di atas yang biasa dicium oleh jutaan orang. Di antara dua tangan yang menjulur dan berpegangan di batu itu dengan kedua kakinya terdapat ruang yang lapang, dan si Bapak mempersilahkan anaknya untuk bergeser ke ruang itu agar mencium Hajar Aswad.

Si Bapak mengatakan kepada anaknya cukup sebentar saja menciumnya. Kemudian sesudah selesai anaknya mencium, si Bapak dan anaknya diangkat ke belakang entah oleh siapa, dan mereka ditaruh kembali berpijak lantai sekitar tiga meter dari Hajar Aswad.

Sekarang anak cucuku dan para jm mestinya bertambah pengertiannya bahwa di bawah guyuran hujan, Tuhan menyediakan banyak kemungkinan: basah kuyup, basah sedikit, atau tidak basah sama sekali. Terserah-serah Tuhan. Dan jika hujan deras itu berlangsung di alamatmu sekarang, yakni di hutan belantara yang gelap secara keseluruhan dan remang-remang sebagian: toh engkau sudah selalu belajar tidak untuk menunggu atau menagih cahaya dari luar, melainkan berikhtiar memancarkan cahaya dari dalam dirimu sendiri.